Home / Programming / Lumen Miniframework
Lumen Miniframework

Lumen Miniframework

Ini mungkin menjadi kabar gembira untuk pengguna framework Laravel, karena Taylor Otwell si pembuat Laravel sudah mengeluarkan miniframework yaitu Lumen.

Untuk sebagian orang yang sudah mengenal lumen , post ini sudah menjadi basi jadi saya tujukan untuk yang cinta mati terhadap Laravel akan tetapi belum mengetahui Lumen.

Lumen adalah sebuah Micro Framework yang dirancang khusus untuk kebutuhan Micro’s Services dan juga kebutuhan API. Karena framework ini bersifat micro,Taylor Otwell lebih mengedepankan soal kecepatan untuk akses data, bahkan pada website resminya Framework ini digadang-gadang sebagai salah satu yang tercepat dari 3 Micro Framework yang tersedia saat ini yaitu Silex dan juga Slim 3. Mereka memperlihatkan statistik jumlah request yang dapat di handle oleh Lumen ini dalam 1 detik.

Melakukan upgrade dari Lumen menuju Laravel juga sangat mudah, kita tinggal menaruh source code yang sudah kamu buat sebelumnya ke direktori Laravel tanpa melakukan konfigurasi apapun.

Bila akan melakukan install Lumen, harus memenuhi beberapa Requirement diantaranya:

  • PHP >= 5.5.9
  • OpenSSL PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension

Lumen menggunakan Komposer untuk mengelola dependensinya. Jadi, sebelum menggunakan Lumen, pastikan telah Composer telah diinstal.

Langkah pertama download installer Lumen menggunakan Komposer

composer global require “laravel/lumen-installer”

Setelah terinstal, perintah “lumen new” akan membuat instalasi Lumen pada direktori yang ditentukan. Misalnya, “lumen blog” baru akan membuat direktori bernama blog yang berisi instalasi Lumen dengan semua dependensi sudah terpasang. Metode instalasi jauh lebih cepat daripada menginstal melalui Komposer.

lumen new blog

Bila ingin tetap cinta mati menggunakan Komposer maka bisa juga dapat menginstal Lumen dengan menggunakan perintah Composer membuat proyek pada terminal:

composer create-project –prefer-dist laravel/lumen blog

Semua pilihan konfigurasi untuk kerangka Lumen disimpan dalam file .env. Setelah Lumen terinstal.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan setelah menginstal Lumen set “application key” dengan string acak. Biasanya, string ini harus 32 karakter. “application key” dapat diatur dalam file .env. hal ini disarankan oleh developer lumen sendiri , mereka mengatakan “If the application key is not set, your user encrypted data will not be secure!“.

Sebagai informasi untuk arsitektur folder dan file sebagai berikut

https://s3.postimg.org/ydi7qyw5v/skeleton_lumen.png

Silahkan mengunjungi http://lumen.laravel.com/docs untuk mengetahui lebih lanjut, Salam Kodelokus.

About Radi

Seorang pengembara untuk mencapai titik tertinggi dalam dunia perkodingan. mempelajari setiap jurus kode yang di temui hingga akhirnya menyadari bahwa ternyata kuda-kudanya saja belum kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top