Home / Tips and Tricks / Apakah Ponsel Android Butuh Antivirus ?
Apakah Ponsel Android Butuh Antivirus ?

Apakah Ponsel Android Butuh Antivirus ?

Android menjadi trend dalam dunia ponsel hari ini, pengoprasian yang mudah dan ramah membuat android menjadi salah satu ponsel yang banyak di gunakan. Android banyak memiliki aplikasi yang memudahkan pengguna yang bisa diunduh melalui Play Store, akan tetapi Android juga menjadi sasaran utama aplikasi-aplikasi malware dan virus. Oleh karenanya banyak opini berkembang mengenai pentingnya menginstall anti virus untuk sistem operasi Android.

Aplikasi anti-virus sangat penting pada sistem operasi desktop seperti Windows, namun sebenarnya tidak terlalu penting untuk sistem operasi Android, Kepala keamanan Google Android di Mountain view, California mengatakan “mayoritas ponsel android dan tablet tidak membutuhkan anti-virus dan berbagai aplikasi pengamanan lainnya, meskipun banyak perusahaan aplikasi keamanan gencar mempromosikan produk keamanan mereka.

Adrian Ludwig, sebagai kepala teknisi keamanan Google Android mengatakan, “ada sedikit kesalahan persepsi ketika beberapa perusahaan coba melakukan review terhadap aplikasi (malware atau bukan) atas aplikasi yang terdapat di Google Play Store dan aplikasi yang sama di market store yang lain”, dia mengatakan jika aplikasi keamanan bukan jaminan dari sebuah keamanan itu sendiri. Hal itu senada dengan yang di ucapkan oleh Chris DiBora bahwa aplikasi anti-virus hanya membuat ketakutan pada konsumen, sehingga vendor antivirus dapat menjual laris produk mereka di Google Play Store.

Dalam masalah anti-virus ini Google Android sudah menegaskan jika produk mereka tidak membutuhkan antivirus, karna sebelum aplikasi dipasarkan di Play Store, Google mempunyai pendeteksi otomatis yang dapat memeriksa apakah aplikasi tersebut bermasalah dan berbahaya. Sehingga aplikasi yang lolos dalam pemeriksaan merupakan aplikasi yang aman dan tidak berbahaya pada ponsel maupun tablet pengguna.

Untuk memeriksa aplikasi tersebut bermasalah atau tidak, kita dapat melakukan cek tersendiri pada perangkat kita, pertama pastikan anda mempunyai perangkat yang memiliki android resmi di dalamnya, anda perlu menggunakan aplikasi Google Play Store yang sudah tersedia pada ponsel anda. Masuk ke dalam aplikasi tersebut dan anda bisa melakukan verifikasi didalam menu Security di Setting setelah itu cek pada bagian Verify Apps, contoh bisa di lihat pada gambar di bawah ini.

Screenshot_2014-08-15-14-14-48[1]

Maka aplikasi-aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone ada sudah dijamin tidak bermasalah dan sudah aman.

Mengapa tidak perlu aplikasi anti-virus ?

Antivirus pada Android mempunyai prinsip yang sama dengan aplikasi verifikasi yang terdapat pada Google Play Service, aplikasi hanya melakukan scan mengenai keaslian aplikasi yang akan diinstal, jadi merupakan hal yang sia-sia bukan jika Google sudah memberikan proteksi pada kita namun kita menggunakan aplikasi anti-virus, padahal aplikasi tersebut mempunyai fungsi yang sama dengan Google Play Service, hal itu bisa membuat ponsel kita kehabisan baterai lebih cepat.

Kesimpulannya, Google bekerja keras untuk memanjakan konsumennya untuk tidak perlu repot melakukan instalasi aplikasi antivirus apalagi aplikasi antivirus tersebut merupakan aplikasi berbayar, karena Google Android telah menyediakan layanan yang menjamin aplikasi tersebut aman dan tidak bermasalah. Sehingga Google Android layak mendapat apresiasi sebagai salah satu smartphone yang bisa menjaga keamaan dan kenyamanan pelanggannya, dan pastikan saat instalasi anda menggunakan produk dari Play Store. Karena aplikasi yang berasal dari sumber yang lain belum tentu aman untuk smartphone anda.

 

About Naufal Djibril

One comment

  1. Good point. Tapi yang jadi kendala adalah tidak semua aplikasi itu gerbangnya di google play. Terlalu banyak apk-apk menarik yang berkeliaran di internet 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top